PROFESIONALITAS

Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian dari para anggotanya (satori,2003:12). Batasan diatas mengandung arti bahwa jabatan atau pekerjaan yang disebut profesi hanya dapat dilakukan oleh orang yang mempunyai keahlian. Pekerjaan tertentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, tetapi hanya dapat dilakukan oleh orang yang dengan sengaja dipersiapkan untuk memangku jabatan itu.
bersumber dari istilah profesi muncul istilah ~ istilah lain seperti profesional, profesionlisme, profesionalitas dan profesionalisasi. Berikut adalah penjelasan dari istilah ~ istilah tersebut diatas.
1. Profesional, mengacu pada sebutan orang yang menyandang suatu profesi atau sebutan tentang penampilan seseorang dalam mewujudkan unjuk kerja sesuai dengan profesinya. Misalnya sebutan guru profesional.
2. Profesionalisme adalah sebutan yang mengacu pada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas profesionalnya.
profesionalitas adalah sebutan terhadap kualitas sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki untuk dapat melakukan tugas ~ tugasnya.
3. profesionalisasi adalah suatu proses menuju kepada perwujudan dan peningkatan profesi dalam mencapai suatu kriteria yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Pekerjaan

KUALITAS LULUSAN

Manajemen Sumber Daya Manusia