Perangkat Pembelajaran

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-1)

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi               :  1.     Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar                 :  1.1   Mengidentifikasi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator                                 :  1.     Mengidentifikasi peralatan Teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang                
                                                  2.     Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
Alokasi Waktu                       :  2 x 40 Menit

A.  Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu
1.      Mengidentifikasi peralatan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai bidang
2.      Menjelaskan fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi dan komunikasi

B.     Materi Pembelajaran

  1. Peralatan teknologi informasi dan komunikasi
  2. Fungsi berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi
C.  Metode pembelajaran
      Pendekatan CTL dengan menggunakan model pembelajaran STAD
D.  Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
      Pendahuluan
  • Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
      Kegiatan inti
  • Peserta didik membetuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mengamati peralatan teknologi informasi dan komunikasi di lab komputer sekolah dan sekitarnya
  • Peserta didik mencari informasi di media cetak ( buku, majalah dsb ) tentang perangkat teknologi informasi dan komunikasi
  • Mengerjakan lembar kerja
Kegiatan penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah di lakukan
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi
E.  Sumber Belajar
  • Buku paket, Perangkat komputer, Telepon / Hand Phone, dan sebagainya
F.   Penilaian                
  1. Teknik                      :  Tes Tertulis
2.   Bentuk Intrumen      :  Uraian
3.   Soal / Intrumen       
a.   Diantara gambar berikut manakah yang termasuk perangkat teknologi informasi dan komunikasi !
b.   Jelaskan fungsi peralatan tersebut sesuai dengan penggunaannya
Lembar observasi
No
Instrumen
Skala skor
1
2
3
1
Diantara gambar berikut manakah yang termasuk perangkat TIK



2
Jelaskan fungsi peralatan tersebut sesuai dengan penggunaannya




                     Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                   Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                          S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                         




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-2)
 
Mata Pelajaran                       :          Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    : VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi              : 1.      Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar                 : 1.2    Mendeskripsikan sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dari masa lalu sampai sekarang
Indikator                                : 1.      Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
                                                                     2.      Mendiskripsikan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya
Alokasi Waktu                       : 2 x 40 Menit

A.  Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
1.      Mendiskusikan tentang sejarah perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
2.      Melakukan studi pustaka tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
3.      Menjelaskan perkembangan perangkat teknologi informasi dan komunikasi beserta fungsinya.

B.     Materi Pembelajaran

  1. Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  2. Sejarah perkembangan Komputer
C.  Metode pembelajaran
      Pendekatan model CTL dengan model belajar STAD
D.  Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pendahuluan
  • Memberikan motifasi kepada peserta didik agar selalu mengikuti perkembangan sejarah teknologi informasi dan komunikasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
      Kegiatan inti
  • Peserta didik membetuk kelompok diskusi
  • Peserta didik mengamati perkembanngan sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab.komputer dan sekitarnya
  • Peserta didik melakukan studi pustaka untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  • Masing – masing kelompok menyimpulkan hasil diskusi yang telah dilakukan
Kegiatan penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
  • Menarik kesimpulan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
Pertemuan kedua
      Pendahuluan
  • Memberikan motivasi kepada peserta didik agar selalu mengikuti perkembangan sejarah teknologi informasi dan komunikasi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran
      Kegiatan inti
  • Peserta didik membentuk kelompok kerja ( diskusi)
  • Guru menjelaskan kepada peserta didik tentang perkembangan sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab.komputer dan sekitarnya
  • Peserta didik mengamati perkembangan sejarah teknologi informasi dan komunikasi yang ada di lab.komputer dan sekitarnya
  • Peserta didik melakukan studi pustaka untuk mengetahui perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
  • Masing – masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
Kegiatan penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
  • Menarik kesimpulan tentang sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
E.  Sumber Belajar
·         Buku paket, Komputer, Perpustakaan, telephone / Hp, multi media dan lain-lain yang relevan

F.   Penilaian                

  1. Teknik                      :  Tes Tertulis
2.   Bentuk Intrumen      :  Uraian
3.   Soal / Intrumen       
a.   Jelaskan penemuan yang terkait dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
b.   Sebutkan peralatan teknologi informasi dan komunikasi dengan perkembangan penemuan
I.       Instrumen penilaian
No
Aspek penilaian
Skor
4
3
2
1
1

2
Sebutkan perangkat TIK dalam kehidupan sehari-hari
Jelaskan mengapa telegraf sudah tidak digunakan lagi pada masa sekarang





II. Kunci Jawaban
No
Kunci Jawaban
Skor
1.




2.



Perangkat TIK yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari
-          Telegraf        -   Telephon / Hp
-          Radio            -   Televisi
-          Komputer

Telegraf bukannya sudah tidak digunakan lagi tapi sudah tidak efisien lagi untuk digunakan karena sudah ada sarana lebih cepat lagi, untuk menyampaikan pesan hanya dalam waktu hitungan detik, misalnya komputer.


                          Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                       Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                               S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                         





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-3)

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi              :  1.     Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar                 :  1.3   Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                               :  1.     Menyebutkan peranan teknologi informasi dan komunikasi di  bidang pendidkan
                                                                     2.     Menjelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di lingkungan  sekolah
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 Menit

A.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :
  1. Menyebutkan peranan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-pada bidang pendidikan.
  2. Menyebutkan peranan teknologi informasi dan komunikasi dilingkungan sekolah.

B.     Materi Pelajaran

  1. Peran teknologi informasi dan komunikasi.

C.    Metode Pembelajaran

Pendekatan  CTL dengan model Heads huns beed Together.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1. Pendahuluan

·         Menggali pengetahuan awal pserta didik dengan tanya jawab tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti

·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi
·         Peserta didik berkelompok membaca buku dengan majalah yang menunjukkan peranan teknologi informasi dan komunikasi dibidang pendidikan
·         Peserta didik menjawab pertanyaan guru secara induvidual

3.  Kegiatan Penutup

·         Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
·         Menarik kesimpulan tentang peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan

E.     Sumber Belajar

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
F.     Penilaian
1.      Tehnik                   : Tes tertulis
2.      Bentuk instrumen : uraian
3.      Soal / Instrumen
a.       Sebutkan peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan !
b.      Jelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan !.
I. Instrumen penilaian
No
Aspek penilaian
Skor
4
3
2
1
1



2
Sebutkan peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan !
Jelaskan peranan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan !






II. Kunci Jawaban

No
Kunci Jawaban
Skor
1.





2.
-          Berbagai hasil penelitian
-          Konsultasi dengan pakar/ ahli
-          Perpustakaan on line
-          Diskusi on line
-          mengaskes informasi hasil penelitian orang
-          askes ke sumber lain



                             Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                          Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                                 S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                          



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP-4)

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi              :  1.     Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar                 :  1.4   Mengidentifikasi berbagai keuntungan dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi
Indikator                               :  1.     Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi
                                                                     2.     Mengidentifikasi berbagai keuntungan penggunaan produk dari teknologi informasi dan       komunikasi
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 Menit

A.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :
  1. Mengidentifikasi keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Menjelaskan keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan.

B.     Materi Pembelajaran

Keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL dengan model Cooperative   Script
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang berkaitan dengan keuntungan penggunaan perangkat dan produk teknologi informasi dan komunikasi.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Peserta didik membentuk kelompok diskusi
·         Mengamati keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.
·         Melakukan studi pustaka tentang berbagai keuntungan penggunaan perangkat teknologi informasi dan komunikasi.
Kegiatan Penutup
·         Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
·         Menarik kesimpulan tentang keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dan diberbagai bidang.

E.     Sumber Belajar

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan

F.     Penilaian

  1. Tehnik                   : Tes tertulis
  2. Bentuk instrumen : Uraian
  3. Soal / Instrumen
a.       Sebutkan keuntungan penggunaan : komputer dan handphone
b.      Jelaskan kuntungan  teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan.
I.  Instrumen penilaian
No
Aspek penilaian
Skor
4
3
2
1
1


2
Sebutkan keuntungan penggunaan komputer dan handphone !
Jelaskan keuntungan teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan !






                              Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                           Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                                  S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                         



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP- 5)
Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi              :  1.     Memahami penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dan prospeknya di masa mendatang
Kompetensi Dasar                 :  1.5   Mengidentifikasi berbagai dampak negative dari penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Indikator                               :  1.     Mengidentifikasi dampak negative Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dilihat dari perangkat yang digunakan.
                                                                     2.     Mengidentifikasi dampak negative dari Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 Menit

A.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu
  1. Mengidentifikasi dampak negative dari penggunaan perangkat Teknologi Informatika dan Komunikasi.
  2. Mengidentifikasi dampak negative penggunaan Teknologi Informatika dan Komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.

B.     Materi Pembelajaran

Dampak negative penggunaan Teknologi Informatika dan Komunikasi
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut dampak negatif dari penggunaan TIK.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Siswa membentuk kelompok diskusi
·         Melakukan studi pustaka tentang dampak negatif dari penggunaan Teknologi informasi dan Komunikasi Tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya dalam diskusi kelas dan kelompok lain menanggapi.
·         Mengamati tayangan tentang berbagai dampak negatif peggunaan TIK
·         Melakukan presentasi dari hasil pengamatan dan telaah pustaka yang telah dilakukan tiap kelompok
·         Menanggapi hasil presentasi dari setiap perwakilan kelompok.
Kegiatan Penutup
·         Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
·         Membuat kesimpulan tentang pembelajaran dampak negatif dari penggunaan TIK

E.     Sumber Belajar

  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan

F.     Penilaian

  1. Tehnik                   : Tes tertulis
  2. Bentuk instrumen :  uraian
  3. Soal / Instrumen
a.       Jelaskan dampak-dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dari perangkat yang digunakan.
b.      Jelaskan dampak-dampak negatif penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dilihat dari produk yang dihasilkan.

                         Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                      Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                             S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                         



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-6)

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi              :  2.     Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer
Kompetensi Dasar                 :  2.1   Mengaktifkan Komputer sesuai Prosedur
Indikator                               :  1.     Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
                                                                     2.     Melakukan proses “Cold Boot”
                                                                     3.     Melakukan proses “Warm Boot”
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 Menit

A.    Tujuan Pembelajaran

Peserta didik mampu :
1.      Mengidentifikasi tombol-tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer
2.      Mengaktifkan komputer dengan proses ”Cold Boot” sesuai prosedur
3.      Mengaktifkan komputer dengan proses ”Warm Boot” sesuai prosedur

B.     Materi Pembelajaran

Mengaktifkan komputer
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
·         Mengingatkan kembali pembelajaran sebelumnya tentang dampak negatif penggunaan perangkat TIK.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Mengamato tombol on/off komputer pada CPU dan Monitor
·         Mempraktekkan cara menghidupkan komputer dengan ”Cold Boot”.
·         Praktik mengaktifkan komputer melalui ”Warm Boot”
Kegiatan Penutup
·         Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
·         Membuat kesimpulan tentang cara menghidupkan komputer.
E.     Sumber Pembelajaran
1.      Perangkat TIK
2.      Buku paket + literatur tambahan

F.     Penilaian

1.      Tehnik                   :  Unjuk Kerja
2.      Bentuk Instrumen       :  Uji prosedur
3.      Soal / Instrumen   
a.       Tunjukkan tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer !
b.      Aktifkan komputer melalui proses cold boot !
c.       Aktifkan komputer melalui proses warm boot !
Lembar Observasi :
Instrumen
Skala Kuantitatif
4
3
2
1
1.
Menunjukkan tombol yang digunakan untuk mengaktifkan komputer





2.
Mengaktifkan komputer melalui cold boot





3.
Mengaktifkan komputer melalui warm boot






J u m l a h







                            Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                         Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                                S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                         




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP-7)

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi              :  2.     Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer
Kompetensi Dasar                 :  2.2   Mematikan komputer sesuai prosedur.
Indikator                               :  1.     Mematikan computer menggunakan fungsi perintah sesuai prosedur
                                                                     2.     Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 Menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai prosedur
  2. Mengaktifkan komputer menggunakan tombol hardware sesuai prosedur
B.     Materi Pembelajaran
Mematikan komputer
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL secara Langsung.
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
·         Menggali pemahaman awal peserta didik tentang cara mematikan komputer
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Memperagakan cara mematikan komputer dengan menggunakan fungsi perintah.
·         Memperagakan cara mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Membuat kesimpulan tentang langkah-langkah mematikan komputer.
E.     Sumber Pembelajaran
  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
F.      Penilaian
  1. Tehnik                         :  Unjuk Kerja
  2. Bentuk Instrumen       :  Uji prosedur
  3. Soal / Instrumen   
a.       Matikanlah komputer anda dengan menggunakan fungsi perintah yang tepat!
b.      Matikanlah komputer anda dengan menggunakan tombol pada hardware
Lembar Observasi :
Instrumen
Skala Kuantitatif

4
3
2
1
1.
Matikanlah komputer anda dengan melalui fungsi perintah





2.
Matikanlah komputer anda dengan melalui tombol hardware






J u m l a h







                              Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                           Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                                  S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                         




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP-8)

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 1 (Satu)
Standar Kompetensi              :  2.     Mengenal Operasi Dasar Peralatan Komputer
Kompetensi Dasar                 :  2.3   Melakukan Operasi dasar pada Operating System dengan sistimatis
Indikator                               :  1.     Menggunakan sistem operasi Windows
                                                                     2.     Menggunakan file manager untuk mengelola file dan folder
Alokasi Waktu                      :  4 x 40 Menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Menggunakan sistem operasi Windows
  2. Membuat folder baru
  3. Mengubah nama folder
  4. Mengcopy file dari folder lain ke folder yang diinginkan
  5. Menghapus folder
B.     Materi Pembelajaran
  1. Sistem Operasi Windows
  2. Pengelolaan folder dan file
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan CTL dengan Model Pembelajaran Langsung.
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
·         Menggali pemahaman awal peserta didik tentang sistem operasi Windows, file dan folder
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Mempraktekkan penggunaan sistem operasi windows untuk mengatur tampilan
·         Mempraktekkan cara membuat folder baru
·         Mempraktekkan cara mengcofi file kedalam folder baru
·         Mempraktekkan cara menghapus folder
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Membuat kesimpulan bersama tentang sistem operasi
E.     Sumber Pembelajaran
  1. Perangkat TIK
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Lembar kerja pratikum
  4. Multimedia
F.     Penilaian
  1. Tehnik                         :  Unjuk Kerja
  2. Bentuk Instrumen       :  Uji Prosedur
  3. Soal / Instrumen    
Soal Uraian :
a.       Apa yang dimaksud dengan Windows Explorer
b.      Sebutkan langkah-langkah untuk menjalankan Windows Explorer
Tes unjuk kerja :
a.       Periksalah apakah dalam folder My Documents ada folder yang namanya   « folderku » !
b.      Kalau dalam folder MyDocumen belum ada folder « folderku », buatlah !
c.       Ubahlah nama « folderku » dengan identitas kamu, maksimal 20 karakter !
d.      Copy lah file ”file bersama.doc ” dari folder  ” latihan  ” ke foldermu !
e.       Ubahlah nama file ”file bersama.doc” menjadi ”file saya” !
Lembar Observasi :
Instrumen
Skala Kuantitatif

4
3
2
1
1.
Melihat isi folder My Document





2.
Membuat folder dalam My document





3
Mengubah nama folder





4.
Mengcopy file





5.
Mengubah nama file













J u m l a h






                              Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                           Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                                  S A K R I A H, S.E 
 NIP. 132 063 283                                                                        



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 9)
Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi              :  3.     Mempratekkan ketrampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar                 :  3.1   Mengidentifikasi berbagai komponen perangkat keras komputer.
Indikator                               :  1.     Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
                                                                     2.     Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
                                                                     3.     Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
                                                                     4.     Menyebutkan media penyimpan data
Alokasi Waktu                      :  4 x 40 Menit (2 x pertemuan)

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input.
  2. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses.
  3. Mengidentifikasi perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output.
  4. Menyebutkan media penyimpan data.
B.     Materi Pembelajaran
  1. Perangkat keras/hardwere (Alat Input, Alat Proses, Alat Output)
  2. Media penyimpan data.
C.    Metode Pembelajaran
  1. Demonstrasi
  2. Pengalaman langsung
  3. Telaah pustaka
Pendekatan CTL dan life skill.
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang perangkat keras pada teknologi informasi dan komunikasi.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Mengamati berbagai perangkat alat keras pada komputer
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah.
·         Mencari informasi pada buku tentang perangkat keras teknologi informasi dan komunikasi.
·         Disajikan daftar spesifikasi komputer yang ditawarkan oleh penjual komputer.
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Membuat kesimpulan tentang pembelajaran perangkat keras

Pertemuan Kedua : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang media penyimpan data.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
·         Mengamati berbagai alat penyimpan data.
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah tentang media penyimpan data.
·         Mencari informasi pada buku paket atau sumber lain tentang media penyimpan data.
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Membuat kesimpulan tentang pembelajaran macam-macam media penyimpan data.
E.     Sumber Pembelajaran
1.      Perangkat TIK
2.      Buku paket + literatur tambahan
3.      Lembar kerja pratikum
4.      Multimedia
F.   Penilaian
Tehnik                               :  Tes Tertulis dan Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen             :  Soal Uraian dan Lembar Observasi
Soal / Instrumen    
      Soal Uraian :
a.       Sebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat input !
b.      Sebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses !
c.       Sebutkan perangkat keras yang berfungsi sebagai alat output !


Lembar Observasi :
Instrumen
Skala Kuantitatif
4
3
2
1
1.
Melihat macam-macam media penyimpan data.





2.
Menentukan data magnetik





3
Menentukan data optik





4.
Menentukan data elektronik













J u m l a h







                               Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                           Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                                  S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                        



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 10)

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi              :  3.     Mempratekkan ketrampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar                 :  3.2   Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi.
Indikator                               :  1.     Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
                                                                     2.     Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
                                                                     3.     Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis.
                                                                     4.     Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi/ multimedia
Alokasi Waktu                      :  4 x 40 Menit (2 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi yang terinstal di komputer.
  2. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
  3. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka.
  4. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis.
  5. Mengidentifikasi berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis presentasi / multimedia.
B.     Materi Pembelajaran
  1. Perangkat keras/hardwere dan perangkat lunak komputer.
  2. Program aplikasi melalui menu program.
C.    Metode Pembelajaran
  1. Demonstrasi, diskusi dan tanya jawab.
  2. Pengalaman langsung
  3. Telaah pustaka
Pendekatan CTL dan life skill.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang perangkat lunak pada komputer/teknologi informasi dan komunikasi.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
Kegiatan Inti
·         Mencari informasi pada buku tentang perangkat lunak pada komputer.
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah.
·         Mengamati berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
·         Mengamati berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata dan pengolah angka.

Pertemuan Kedua : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang macam-macam perangkat lunak pada komputer.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
Kegiatan Inti
·         Mencari informasi pada buku tentang perangkat lunak pada komputer.
·         Mengamati berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis
·         Mengamati berbagai perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah presentasi/multimedia.
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah.
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis dan presentasi / multimedia.
E.     Sumber Pembelajaran
  1. Perangkat keras dan perangkat lunak komputer
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Lembar kerja pratikum
  4. Multimedia
F.     Penilaian
1.      Tehnik                         :  Tes Unjuk Kerja
2.      Bentuk Instrumen       :  Observasi
3.      Soal / Instrumen    
Lembar Observasi :
No
Nama
Check List
Skor
1
2
3
4
5
6
1.








2.








3








4.








5.








6.


















Keterangan :
1.      Perangkat keras /hardware
2.      Perangkat lunak/software
3.      Program aplikasi berbasis pengolah kata
4.      Program aplikasi berbasis pengolah angka
5.      Program aplikasi berbasis pengolah grafis
6.      Program aplikasi berbasis pengolah presentasi/multimedia


                         Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                       Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                              S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                        



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 11)
Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi              :  3.     Mempratekkan ketrampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar                 :  3.3   Mengidentifikasi kegunaan dari beberapa program aplikasi.
Indikator                               :  1.     Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
                                                                     2.     Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka
                                                                     3.     Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah grafis.
                                                                     4.     Menjelaskan berbagai kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi/ multimedia.
Alokasi Waktu                      :  4 x 40 Menit (4 x pertemuan)
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah kata.
  2. Menggunakan program aplikasi berbasis pengolah kata.
  3. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak program aplikasi berbasis pengolah angka.
  4. Menggunakan program aplikasi berbasis pengolah angka.
  5. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak program aplikasi pengolah grafis.
  6. Menggunakan program aplikasi berbasis pengolah grafis.
  7. Menjelaskan kegunaan perangkat lunak program aplikasi presentasi / multimedia.
  8. Menggunakan program aplikasi presentasi / multimedia.

B.     Materi Pembelajaran
  1. Perangkat keras/hardwere dan perangkat lunak komputer.
  2. Program aplikasi pengolah kata, pengolah angka, pengolah grafis dan program aplikasipresentasi / multimedia
  3. Lembar Kerja Praktikum

C.    Metode Pembelajaran
  1. Demonstrasi dan tanya jawab.
  2. Pemberian pengalaman langsung
  3. Telaah pustaka
Pendekatan CTL dan life skill.

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang program aplikasi pengolah kata.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
Kegiatan Inti
·         Mencari informasi pada buku tentang program aplikasi pengolah kata.
·         Mengggunakan program aplikasi pengolah kata untuk :
v  Membuat teks
v  Menyimpan dokumen
v  Membuat kolom
v  Membuka dokumen
v  Mengedit dokumen
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran program aplikasi pengolah kata

Pertemuan Kedua : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang program pengolah angka.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
Kegiatan Inti
·         Mencari informasi pada buku tentang program aplikasi pengolah angka.
·         Menggunakan program aplikasi pengolah angka untuk :
v  Menjumlah
v  Mengurang
v  Membagi
v  Mengkali
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran program aplikasi pengolah angka.



Pertemuan Ketiga : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang program pengolah grafis.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
Kegiatan Inti
·         Mencari informasi pada buku tentang program aplikasi pengolah grafis.
·         Menggunakan program aplikasi pengolah grafis dengan program paint, corel draw
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran program aplikasi pengolah grafis.

Pertemuan Keempat : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang program pengolah presentasi/multimedia.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
Kegiatan Inti
·         Mencari informasi pada buku tentang program aplikasi pengolah presentasi/ multimedia.
·         Menggunakan program aplikasi pengolah presentasi/multimedia dengan program power point
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran program aplikasi pengolah presentasi/ multimedia
 
E.     Sumber Pembelajaran
1.      Perangkat keras dan perangkat lunak komputer
2.      Buku paket + literatur tambahan
3.      Lembar kerja pratikum
4.      Multimedia

F.     Penilaian
1.      Tehnik                         :  Tes Tertulis, Unjuk Kerja.
2.      Bentuk Instrumen       :  Soal Uraian, Lembar Observasi
3.      Soal / Instrumen    
Soal Uraian :
a.       Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah kata !
b.      Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah angka !
c.       Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah grafis !
d.      Jelaskan kegunaan program aplikasi presentasi / multimedia !


Lembar Observasi :
Instrumen
Skala Kuantitatif
4
3
2
1
1.
Menunjukkan program aplikasi berbasis pengolah kata





2.
Menunjukkan program aplikasi berbasis pengolah angka





3
Menunjukkan program aplikasi berbasis grafis





4.
Menunjukkan program aplikasi berbasis presentasi/multimedia













J u m l a h







                             Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                          Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                                 S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                        




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP - 12)

Mata Pelajaran                       : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester                    :  VII (Tujuh) / 2 (Dua)
Standar Kompetensi              :  3.     Mempratekkan ketrampilan dasar komputer.
Kompetensi Dasar                 :  3.3   Mempraktikan satu program aplikasi.
Indikator                               :  1.     Menemukan menu dan shortcut program aplikasi pada taskbar dan desktop.
                                                                     2.     Menampilkan shortcut program aplikasi pada pada taskbar dan desktop
                                                                     3.     Mempraktikan satu program aplikasi
Alokasi Waktu                      :  4 x 40 Menit (4 x pertemuan)
                                      
A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
  1. Menggunakan menu shortcut program aplikasi pada taksbar dan dekstop.
  2. Menggunakan dan menampilkan shortcut program aplikasi pada taksbar dan dekstop.
  3. Mempraktikan salah satu program aplikasi.
B.     Materi Pembelajaran
  1. Perangkat keras/hardwere dan perangkat lunak komputer.
  2. Menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop
C.    Metode Pembelajaran
  1. Demonstrasi dan tanya jawab.
  2. Pemberian pengalaman langsung
  3. Telaah pustaka
Pendekatan CTL dan life skill.
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
Kegiatan Inti
·         Mengamati menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop
·         Mempraktikan satu program aplikasi.
·         Mencari informasi pada buku tentang menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran menu program, shortcut pada taksbar dan dekstop.

Pertemuan Kedua : (2 x 40 menit)
Pendahuluan
·         Menanyakan kepada peserta didik tentang program aplikasi.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran pada peserta didik.
Kegiatan Inti
·         Mengamati berbagai program aplikasi
·         Peserta didik berdiskusi dengan teman sebelah tentang salah satu program aplikasi.
·         Mencari informasi pada buku paket atau sumber lain tentang salah satu program aplikasi
Kegiatan Penutup
  • Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilaksanakan.
  • Menarik kesimpulan tentang pembelajaran salah satu program aplikasi.
E.     Sumber Pembelajaran
  1. Perangkat keras dan perangkat lunak komputer
  2. Buku paket + literatur tambahan
  3. Lembar kerja pratikum
  4. Multimedia
F.     Penilaian
  1. Tehnik                         :  Tes Tertulis, Unjuk Kerja.
  2. Bentuk Instrumen       :  Soal Uraian, Lembar Observasi
  3. Soal / Instrumen    
Soal Uraian :
a.       Sebutkan macam-macam program aplikasi yang terinstal pada komputer !
b.      Sebutkan fungsi menu program dan shortcut program !
c.       Sebutkan perbedaan shortcut program pada taksbar dan dekstop.

                               Unaaha,     Juli 2007
Mengetahui
Kepala SMP Negeri 2 Unaaha                                           Guru Mata Pelajaran


 Drs. AHMAD TANGA                                                  S A K R I A H, S.E
 NIP. 132 063 283                                                                        


Postingan populer dari blog ini

KUALITAS LULUSAN

Analisis Pekerjaan

Manajemen Sumber Daya Manusia